Monograf

UMKM Tangguh Di Era Digital: Motivasi, Kompetensi dan Spiritualis

Penulis

M. Chaerul Rizky
Annisa Ilmi Faried
Echa Ferina Br. Purba

Editor
:
Tri Selaras Cendekia
Cover & Tata Letak
:
Tri Selaras Cendekia
Jumlah Halaman
:
109 Halaman
ISBN
:
978-623-89129-3-3
Tanggal Publikasi
:
2024-05-10

Harga

EBook
Rp.
Buku
Rp.
Beli Sekarang
   Pentingnya transformasi digital untuk UKM tidak dapat dilebih-lebihkan. Teknologi informasi dan komunikasi berkembang pesat, mengubah cara masyarakat berinteraksi, bekerja, dan berbisnis. Penetrasi internet yang semakin luas, penggunaan smartphone yang masif, dan pertumbuhan platform digital telah menciptakan peluang sekaligus tantangan bagi UMKM. Tidak hanya sebagai platform penjualan, tetapi juga untuk fungsi bisnis seperti pemasaran, penjangkauan pelanggan, informasi produk, retensi pelanggan, dan layanan pelanggan (Wati Aris Astuti, Sindyana Putri Wulandari, 2023). 

    Salah satu dampak positif era digital bagi UMKM adalah kemudahan akses pasar yang lebih luas. Melalui e-commerce dan media sosial, UMKM dapat menjangkau konsumen di berbagai wilayah tanpa batasan geografis. Banyak pemasar menggunakan media sosial yang ada seperti Facebook, Instagram, Twitter, Whatsapp dll. untuk mempromosikan produk atau layanan mereka. Ada juga yang berafiliasi dengan marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dll. Selain biaya yang murah dan tidak perlu keahlian khusus dalam melakukan inisiasi awal, media sosial dianggap mampu untuk secara langsung meraih (engage) calon konsumen (Afrilia, 2018:15). 
Kategori Buku
:
Monograf
Cetakan
:
Penerbit
:
Tri Selaras Cendekia
Tahun Terbit
:
2024
Kertas
:
UNESCO
Ukuran
:
15.5 x 23 cm
Produk Tags
:
Ekonomi

Buku Terkait

Temukan Ilmu dan Inspirasi Baru